Devachan


Devachan merupakan salah satu konsep yang penting dalam Teosofi, yang menggambarkan pengalaman jiwa setelah kematian fisik, sebelum berinkarnasi kembali. Berasal dari bahasa Sanskerta "deva" yang berarti "dewa" dan kata Tibet "chan" yang merujuk pada wilayah atau tempat, devachan secara harfiah berarti "tempat para dewa". Namun, dalam tradisi Teosofi, maknanya melampaui pemahaman harfiah tersebut, menggambarkan suatu kondisi pascakematian yang lebih kompleks. Dalam esai ini, kita akan membahas konsep devachan, tahap-tahap yang terlibat, serta bagaimana ini dibandingkan dengan konsep surga dalam agama-agama lain.

Konsep Devachan dalam Teosofi

Setelah kematian fisik, menurut ajaran Teosofi, manusia melewati beberapa tahap dalam proses menuju devachan. Tubuh fisik ditinggalkan, dan jiwa melalui berbagai lapisan eksistensi non-fisik. Pada tahap pertama, kesadaran manusia bersemayam dalam tubuh keinginan atau kama-rupa, yang masih terikat dengan emosi dan keinginan duniawi. Proses ini terjadi di wilayah kama-loka atau dunia keinginan, di mana jiwa mengalami keadaan transisi sebelum memasuki devachan.

Salah satu langkah penting adalah yang disebut "kematian kedua", di mana kama-rupa atau tubuh keinginan juga ditinggalkan. Pada titik ini, bagian-bagian kasar dari pikiran manusia yang terikat pada keinginan duniawi dilepaskan. Sebaliknya, Monad, yang terdiri dari Atma-Buddhi (aspek tertinggi dari kesadaran manusia), mengasimilasi bagian "baik, murni, dan suci" dari pikiran. Setelah itu, ego yang dimurnikan ini memasuki devachan, suatu wilayah kebahagiaan di mana hanya aspirasi dan pikiran mulia yang terwujud. Dalam Surat Mahatma, dijelaskan bahwa "tidak ada ingatan sensual, material, atau tidak suci yang dapat mengikuti ingatan Ego yang dimurnikan ke wilayah Kebahagiaan" (ML, hlm. 194).

Tahapan Devachan: Rupa-Loka dan Arupa-Loka

Devachan terdiri dari dua tahap berbeda: rupa-loka (dunia bentuk) dan arupa-loka (dunia tak berbentuk). Dalam rupa-loka, jiwa berinteraksi dengan bentuk-bentuk yang berkaitan dengan keinginan spiritual dan pikiran mulia yang telah terakumulasi dalam kehidupan sebelumnya. Ini adalah tahap di mana segala sesuatu yang aspirasinya belum terwujud di dunia fisik dapat terwujud secara sempurna. Arupa-loka, di sisi lain, adalah tahap yang lebih tinggi, di mana bentuk-bentuk fisik tidak lagi diperlukan, dan jiwa berada dalam keadaan meditasi spiritual murni. Tahap ini menunjukkan tingkat spiritualitas yang lebih tinggi, di mana kesadaran mencapai kemurnian tanpa wujud.

Perbandingan dengan Surga dalam Agama Lain

Jika dibandingkan dengan pandangan pascakematian dalam agama-agama lain, devachan memiliki beberapa perbedaan mendasar. Dalam agama Kristen, misalnya, surga dipandang sebagai keadaan permanen di mana jiwa yang selamat akan hidup bersama Tuhan untuk selamanya. Tidak ada reinkarnasi dalam pandangan Kristen ortodoks, sehingga surga merupakan tujuan akhir yang kekal. Devachan, di sisi lain, bukanlah tujuan akhir, melainkan fase sementara di antara dua inkarnasi. Jiwa pada akhirnya akan keluar dari devachan untuk menjalani kehidupan fisik baru, tergantung pada karma yang belum diselesaikan.

Dalam Islam, surga juga dipandang sebagai tujuan akhir setelah kematian, di mana orang-orang beriman akan menerima pahala mereka sesuai dengan amal baik yang telah mereka lakukan di dunia. Dalam pandangan ini, tidak ada siklus kelahiran kembali, dan setelah hari kiamat, jiwa akan menerima nasib mereka secara permanen, baik di surga atau neraka. Teosofi, dengan konsep devachan, lebih dekat dengan pandangan reinkarnasi dalam agama-agama Timur, seperti Hindu dan Buddhisme, di mana jiwa terus berputar melalui siklus samsara sampai mencapai pencerahan.

Devachan sebagai Ilusi Subjektif

Dalam pandangan Teosofi, devachan dipahami sebagai keadaan ilusi subjektif yang menyenangkan. Meskipun merupakan ilusi, pengalaman ini sangat nyata bagi jiwa yang sedang berada di dalamnya. Sebagaimana dinyatakan oleh Mahatma Koot Hoomi, “itu hanyalah mimpi, tetapi apa kehidupan objektif itu sendiri selain panorama ketidaknyataan yang jelas?”. Dengan demikian, devachan adalah refleksi dari karma baik dan aspirasi spiritual yang belum terwujud selama kehidupan fisik, dan merupakan hadiah untuk segala penderitaan dan usaha mulia yang dilakukan oleh individu dalam inkarnasi sebelumnya.

Pengalaman di devachan sangat bervariasi, tergantung pada tingkat spiritualitas individu. Bagi beberapa orang, devachan adalah tempat di mana mereka akan bertemu dengan orang-orang yang mereka cintai, mewujudkan impian mereka, dan menghabiskan waktu dalam kebahagiaan tanpa gangguan. Namun, bagi jiwa yang lebih berkembang, devachan mungkin lebih bersifat abstrak, di mana kebahagiaan diperoleh dari pemahaman dan pencarian prinsip-prinsip alam yang lebih tinggi.

Moralitas dan Karma di Devachan

Durasi waktu yang dihabiskan di devachan bergantung pada karma baik yang dimiliki individu. Rata-rata, devachan dapat berlangsung antara sepuluh hingga lima belas abad, meskipun jiwa-jiwa besar seperti Plato dikatakan menghabiskan lebih dari dua puluh lima abad di devachan. Ajaran Mahatma menyatakan bahwa "aspirasi moral dan spiritual seseorang akan menemukan di devachan sebuah bidang di mana energi mereka dapat mengembang sendiri", hingga karma mereka dalam arah itu telah terpenuhi (ML, hlm. 355).

Konsep ini juga menekankan bahwa karma buruk atau perbuatan jahat ditangguhkan sementara di devachan. Jiwa hanya membawa karma baik ke dalam pengalaman devachanik, sementara karma buruk akan diselesaikan dalam inkarnasi berikutnya. Hal ini berbeda dengan pandangan surga dan neraka dalam agama-agama dogmatis, di mana pahala dan hukuman diterima secara permanen setelah kematian.

Kontroversi tentang Mediumistik dalam Devachan

Ajaran Teosofi juga mengajarkan bahwa jiwa yang telah memasuki devachan tidak dapat berkomunikasi dengan dunia fisik. Literatur Teosofi menekankan bahwa komunikasi mediumistik hanya dapat terjadi dengan jiwa yang masih terikat bumi atau dengan cangkang astral yang telah ditinggalkan oleh jiwa yang telah melanjutkan ke devachan. Oleh karena itu, upaya untuk berkomunikasi dengan jiwa yang telah meninggal melalui medium dianggap tidak berguna dan bahkan bisa berbahaya, karena yang sering muncul bukanlah jiwa itu sendiri melainkan jejak-jejak astral yang kosong. Beberapa sensitif, atau individu dengan kemampuan spiritual yang sangat berkembang, mungkin dapat meningkatkan kesadaran mereka ke tingkat devachanik dan berhubungan dengan jiwa-jiwa pada tingkat tersebut, tetapi ini jarang terjadi dan bukan melalui medium trance biasa.

Devachan sebagai Keadaan Ilusi yang Positif

Devachan digambarkan sebagai suatu keadaan yang sangat mirip dengan mimpi, tetapi dalam konteks spiritual yang jauh lebih kuat dan nyata. Dalam keadaan ini, jiwa mengalami kebahagiaan yang tak tercampur, di mana semua aspirasi yang baik dari kehidupan fisik terwujud, meskipun dalam bentuk ilusi. Namun, bagi jiwa yang berada di devachan, ilusi ini tidak dilihat sebagai sesuatu yang tidak nyata, tetapi sebagai realitas yang memenuhi dan memberikan makna mendalam pada pengalaman pascakematian mereka.

Kesimpulan

Devachan dalam Teosofi menggambarkan pengalaman jiwa setelah kematian yang mencerminkan kebahagiaan dari karma baik dan aspirasi mulia individu. Meski merupakan fase sementara dalam siklus reinkarnasi, devachan memberikan jeda yang penuh kebahagiaan sebelum jiwa kembali untuk memulai kehidupan fisik baru. Konsep ini menekankan bahwa pengalaman hidup setelah kematian tidak bersifat permanen dan memberikan kesempatan bagi jiwa untuk menyempurnakan dirinya di inkarnasi berikutnya. Devachan, dengan nuansa spiritualnya yang mendalam, memberikan wawasan yang unik tentang perjalanan jiwa, terutama jika dibandingkan dengan pandangan surga dalam agama-agama dogmatis.

Daftar Pustaka

Blavatsky, H.P. The Key to Theosophy. Theosophical Publishing Society, 1889.

Besant, Annie, dan Charles W. Leadbeater. The Ancient Wisdom. Theosophical Publishing House, 1897.

Koot Hoomi, Mahatma. The Mahatma Letters to A. P. Sinnett. Theosophical Publishing House, 1923.

Leadbeater, Charles W. A Textbook of Theosophy. Theosophical Publishing House, 1912.

Pasricha, Satwant. "Reincarnation: A Study of Cases in Northern India." Journal of the Society for Psychical Research, 1980.

Stevenson, Ian. Twenty Cases Suggestive of Reincarnation. University of Virginia Press, 1974.

Comments